Digital Signage Intro to Indonesian Market

Knowledge

Introduction

Digital Signage merupakan sebuah bentuk penyampaian informasi melalui media display elektronik (dinamis). Dengan menggunakan teknologi LCD, plasma, atau LED yang semakin hari semakin canggih dan terjangkau, ditambah dengan kemudahan pemakaian, membuat Digital Signage menjadi tren penyampaian informasi di berbagai belahan dunia. Baik digunakan sekadar menyampaikan informasi satu arah (pemberi informasi ke masyarakat) ataupun informasi dua arah (pemberi informasi ke dan dari masyarakat) dengan memanfaatkan teknologi interaktif.

Digital signage digunakan untuk berbagai tujuan aplikasi, yang paling umum digunakan dalam Digital Signage adalah:

  1. Bank. Menampilkan kurs mata uang, suku bunga, dan informasi produk secara efisien dan efektif.
  2. Bandara, stasiun transportasi publik. Memberi informasi yang up-to-date mengenai jadwal kedatangan atau keberangkatan,  space iklan yang disewakan
  3. Tempat hiburan. Meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengunjung melalui suasana yang ditimbulkan, semisal digunakan untuk menampilkan konten kualitas tinggi (HD).
  4. Gedung perkantoran. Menampilkan daftar tenan, teks berjalan, berita, cuaca, dan iklan.
  5. Gedung komersial. Menampilkan iklan produk, lokasi tenan, peta lokasi, TVC, Saluran TV.
  6. Hotel & Restoran. Menampilkan promosi diskon, daftar acara, atau jumlah kamar.

Di dunia saat ini telah terdapat asosiasi digital signage yaitu, diantaranya Digital Signage Today(www.digitalsignagetoday.com), Digital Screenmedia Association (www.digitalscreenmedia.org), NetWorld Alliance (www.kioskmarketplace.com), dll. Assosiasi ini umumnya bekerjasama dengan industri  manufaktur media display. Mereka secara berkala mengeluarkan makalah-makalah tentang Digital Signage yang diperuntukkan untuk berbagai industri pengguna Digital Signage.

 contoh artikel dari digital signage today

 

Digital Signage Indonesia                                                                          < top >

Mengingat pola perilaku masyarakat Indonesia yang sudah sangat update akan teknologi-teknologi perangkat digital, sudah seharusnya Digital Signage diaplikasikan secara masal di Indonesia. Ditambah fakta bahwa jumlah pengguna teknologi internet yang semakin hari semakin besar, menjadi bukti bahwa masyarakat sudah ‘seharusnya’ disuguhi informasi secara dinamis dan digital.

Pada tahun 2011 baru diadakan untuk pertama kalinya I plus C (I-Sign) Exhibition yang menampilkan produk–produk Digital Signage seperti LED dan LCD. Pada saat ini penerapan Digital Signage di Indonesia masih belum tepat, khususnya dalam hal medianya. Umumnya masih menggunakan layar televisi rumah yang dihubungkan dengan komputer desktop (PC) atau DVD Player untuk menampilkan informasi maupun iklan mereka, seperti pada contoh gambar di bawah. Hal ini memiliki banyak kekurangan, baik secara estetika maupun fungsi.

 

contoh pemakaian Digital Signage di Indonesia

 

Digital Signage InnoGRAPH                                                                       < top >

InnoGRAPH merupakan salah satu perusahaan telah lama berkecimpung di dunia media promosi. InnoGRAPH berdiri sejak Maret 1994 sebagai digital color proofing untuk pre-press dan desktop publishing. Tahun 1998 InnoGRAPH bekerjasama dengan Markbric Swedia sebagai ekslusif distributor display system seperti Banner Up, Snap Up, Flexiframe, dll. Lalu berkembang menjadi digital printing dan custom display production.

Dengan berkembangnya dunia promosi dan semakin canggihnya alat-alat yang digunakan pada pertengahan tahun 2009 InnoGRAPH memperkenalkan solusi Digital Signage berupa LCD Digital Poster yang dapat menampilkan slideshow gambar dan/atau video dengan musik yang menggunakan memory card (SD / CF Card / USB Flash disk) sebagai media penyimpanan. LCD yang digunakan merupakan Industrial Grade Panel yang dapat hidup selama 24 jam 7 hari penuh, pengaturan jadwal tayang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, tampilan professional dan tanpa ada logo manufacture di layar LCD sehingga orang yang melihatnya fokus pada isi yang ditayangkan oleh Digital poster.

Bank Mandiri, Telkomsel, BCA, CIMB Niaga, BTN, Unilever, merupakan salah satu pengguna dari Digital Poster InnoGRAPH.

Solusi Digital Signage yang ditawarkan innoGRAPH mulai dari tingkat yang sederhana sampai kepada tingkat yang rumit, yaitu:

  1. Digital Poster.
  •  Plug & Play. Pasang Memory card kedalam LCD, konten langsung tayang.
  • On/Off waktu tayang yang dapat disesuaikan berdasarkan waktu maupun hari.

 

  1. Digital NetStation.
  • Memperbaharui konten melalui jaringan (kabel / tanpa kabel)
  • Digital NetStation dapat menampilkan teks, gambar, video, tenan direktori, kurs mata uang, cuaca, jam, live streaming, rss feed, informasi lalu lintas, dll.
  • Layar dapat dibagi menjadi beberapa zona

 

  1. Digital Interactive
  2. Video Wall
  • Interaktif (layar sentuh) bentuk floor-stand maupun meja .
  • Biasa digunakan di berbagai fasilitas publik dengan menampilkan teks, gambar, video, tenan direktori, peta lokasi, kurs mata uang, cuaca, jam, live streaming, rss feed, dll.
  • Way Finding. mencari lokasi tenan dengan dipandu dengan arah jalurnya.
  • Konfigurasi layar dapat menjadi 2×2, 3×2, 4×4 dst.
  • Memperbarui data dengan controller (embedded PC)

 

Industri pengguna Digital Signage mulai dari, bank, gedung perkantroan, pusat per-belanjaan, gedung kementrian, toko retail, hypermarket, dll.

 

Kunjungi Digital Signage Center kami untuk uji coba, demo, dan training.

 

Author

innograph

Penulis yang tertarik menjadi ahli di bidang Digital Signage yang berkaitan dengan bisnis reklame digital, pembuatan dan penjualan berbagai kelengkapan promosi seperti meja promosi / event desk, X-banner, Rolling Banner, backwall, Frame, stand, rak brosur , LED dan power supply

Copyright © 2010 - 2016, PT Innovasi Sarana Grafindo (InnoGRAPH). Jl. Lenteng Agung Raya No. 15 (Jl Baung No. 2) Jakarta Selatan 12610, Indonesia. Telp : 021 7883 1075, Fax : 021 7883 1692, Email : cs@innograph.com

Back to Top