Digital Signage Basics : Kelebihan Kekurangan LCD, LED dan Plasma

Knowledge

layar LEDSetelah Sebelumnya Digital Signage Basics membahas mengenai teknologi layar LCD, LED dan Plasma, kini kita akan membahas kekurangan dan kelebihan dari penggunaan layar LCD, LED dan Plasma dalam Digital Signage.

Pertama kita akan bahas mengenai kelebihan dan kekurangan monitor LCD. Berikut ini ulasan singkatnya :

Kekurangan Monitor LCD

  • Sudut Pandang Terbatas.Sudut pandang yang terbatas membuat gambar yang dihasilkan berbeda-beda, penglihatan harus sejajar didepan monitor.
  • Masalah Dead Pixel. Dead Pixel adalah titik hitam yang diakibatkan adanya pixel yang mati. Dead Pixel bisa ditimbulkan dari gagalnya produksi atau dari aktivitas kita yang menimbulkan Dead Pixel. Jika layar LCD timbul Dead Pixel kita sebagai pengguna monitor akan cukup terganggu. Untuk menghindari Dead Pixel Anda harus hati-hati dalam mebawa monitor LCD karena layar LCD Sensitif. Komponen layar LCD sensitif, membuatnya rentan terhadap benturan.

Kelebihan Monitor LCD

  • Ukuran Dimensi Monitor Ramping. Bentuk serta ukuran monitor yang ramping dan tidak terlalu besar membuat tempat yang akan diletakkan monitor akan hemat, sehingga monitor ini cukup cocok jika diletakkan tempat yang tidak luas.
  • Berat Monitor Ringan. Ukuran monitor yang ramping berdampak pula terhadap beratnya. Berat monitor lcd yang ringan sehingga pengguna tidak merasa ribet jika memindahkannya, pengguna lebih mudah untuk memindahkan atau membawa monitor tersebut.
  • Kualitas Gambar Baik. Kualitas yang dihasilkan oleh monitor lcd ini cukup baik, gambar yang dihasilkan pun lebih tajam dan lebih jernih. Sehingga cocok untuk anda yang senang multimedia maupun desain.
  • Baik Untuk Mata. Radiasi yang ditimbulkan oleh monitor LCD lebih kecil sehingga baik bagi mata para pengguna moniotr LCD. Monitor ini juga lebih nyaman untuk dilihat dari jarak pandang yang dekat.
  • Hemat Daya Listrik. Penggunaan monitor LCD lebih diuntungkan karena konsumsi listrik lebih hemat dari monitor lain. Konsumsi daya listrik monitor LCD setengah dari jenis monitor CTR.
    Tidak Memantulkan Cahaya. Pada monitor LCD cahaya tidak dipantulkan lagi, sehingga jika ada cahaya di arah depan monitor tidak dipantulkan kembali. Hal tersebut membuat nyaman penggunaan dari monitor karena tidak silau dari cahaya.

Sedangkan kelebihan LED adalah :

  • Tingkat ke-kontras-an yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan LCD, sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan Layar Plasma.
  • Lebih tipis jika dibandingkan dengan teknologi LCD, ketebalannya yaitu hanya sekitar 25 mm.
  • Akan lebih ramah terhadap lingkungan serta bebas radiasi.
    Konsumsi tenaga listrik yang jauh lebih rendah, yaitu sekitar 20-30% lebih kecil jika dibanding TV LCD konvensional.
  • Bermacam produk LED dari perusahaan terkenal, pada konsumen menawarkan fitur fitur Digital TV Tuner, pemrosesan gambar digital, serta fitur-fitur lainnya yang terbaru.

Kekurangan LED adalah

  • Harganya yang relatif lebih mahal jika dibanding LCD, saat ini dalam ukuran yang sama dengan LCD, harganya sekitar 50% lebih mahal.

Kelebihan Layar Plasma

  • Keunggulan layar teknologi Plasma adalah sudut pandang menonton yang lebih luas. Jika dibandingkan dengan TV LCD dan TV LED, TV Plasma lebih nyaman ditonton dari segala arah. Rasio contrast yang tinggi yaitu 1 berbanding 2 juta membuat TV Plasma lebih baik dari TV LCD untuk urusan contrast warna.
  • Namun untuk urusan listrik, TV Plasma mengkonsumsi daya yang lebih banyak dibandingkan dengan TV LCD maupun TV LED.

Kekurangan layar Plasma :

  • Burn in, yaitu masalah yang akan timbul apabila TV kita mainkan imej statik terlalu lama, contohnya logo rancangan National Geographic, bila terlalu lama boleh meninggalkan bekas di situ.
  • Life span, ada jangka masa sebelum TV Plasma korang jadi kurang cerah (brightness) sehingga 50% dari asal selepas 17 tahun.
  • Banyak menggunakan tenaga elektrik untuk menghasilkan visual / gambar dari gas.
  • Layar silau apabila kedudukan TV berdekatan dengan sumber cahaya seperti lampu, hal ini dikarenakan layarnya yang terbuat dari kaca.

Hal-hal inilah yang patut Anda perhatikan dalam memilih layar monitor untuk Digital Signage Anda. Setiap tipe layar memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Author

innograph

Penulis yang tertarik menjadi ahli di bidang Digital Signage yang berkaitan dengan bisnis reklame digital, pembuatan dan penjualan berbagai kelengkapan promosi seperti meja promosi / event desk, X-banner, Rolling Banner, backwall, Frame, stand, rak brosur , LED dan power supply

Copyright © 2010 - 2016, PT Innovasi Sarana Grafindo (InnoGRAPH). Jl. Lenteng Agung Raya No. 15 (Jl Baung No. 2) Jakarta Selatan 12610, Indonesia. Telp : 021 7883 1075, Fax : 021 7883 1692, Email : cs@innograph.com

Back to Top