Apa Sih Digital Signage? …Mengapa Harus Digital Signage?

Knowledge
Digital Signage Cover

Berbagai Produk Digital Signage Innograph

Banyak orang Indonesia mungkin kurang mengenal fungsi digital signage atau bahkan apa itu digital signage? …hal inilah yang menyebabkan laju pertumbuhan pemakai digital signage di Indonesia masih lamban dibandingkan di Eropa dan Amerika. Disana digital signage digunakan hampir di semua tempat bisnis, pusat keramaian dan tempat hiburan seperti mall.

Apa sih Digital Signage?

Digital Signage adalah sebuah bentuk penyampaian informasi melalui media display elektronik (dinamis). Dengan menggunakan teknologi LCD, plasma, atau LED yang semakin hari semakin canggih dan terjangkau, ditambah dengan kemudahan pemakaian, membuat Digital Signage menjadi tren penyampaian informasi di berbagai belahan dunia. Baik digunakan sekadar menyampaikan informasi satu arah (pemberi informasi ke masyarakat) ataupun informasi dua arah (pemberi informasi ke dan dari masyarakat) dengan memanfaatkan teknologi interaktif
Dibandingkan media konvensional, digital signage membawa beberapa manfaat, antara lain menghemat biaya cetak dan produksi, tampilan yang eye catching atau atraktif mampu menarik perhatian lebih banyak orang, lebih mudah dan cepat mengupdate konten visual, dapat diubah secara real time, dan masih banyak lagi.

Saat ini di Indonesia banyak retailer maupun toko besar yang mulai menggunakan media digital namun hanya menampilkan video foto atau acara tv. Dengan menggunakan Digital Signage maka Anda dapat menampilkan semua informasi yang ingin Anda tampilkan lebih efektif.

Digital Signage pun dapat diolah menjadi mesin pengiklan efektif yang dapat meningkatkan penjualan / penghasilan usaha Anda. Coba saja perhatikan contoh-contoh disital signage milik Innograph di link berikut ini.

Fungsi Digital Signage

Digital signage digunakan untuk berbagai tujuan aplikasi, yang paling umum digunakan dalam Digital Signage adalah:

1. Bank. Menampilkan kurs mata uang, suku bunga, dan informasi produk secara efisien dan efektif.

2. Bandara, stasiun transportasi publik. Memberi informasi yang up-to-date mengenai jadwal kedatangan atau keberangkatan, space iklan yang disewakan

3. Tempat hiburan. Meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengunjung melalui suasana yang ditimbulkan, semisal digunakan untuk menampilkan konten kualitas tinggi (HD).

4. Gedung perkantoran. Menampilkan daftar tenan, teks berjalan, berita, cuaca, dan iklan.

5. Gedung komersial. Menampilkan iklan produk, lokasi tenan, peta lokasi, TVC, Saluran TV.

6. Hotel & Restoran. Menampilkan promosi diskon, daftar acara, atau jumlah kamar.

Di dunia saat ini telah terdapat asosiasi digital signage yaitu, diantaranya Digital Signage Today(www.digitalsignagetoday.com), Digital Screenmedia Association (www.digitalscreenmedia.org), NetWorld Alliance (www.kioskmarketplace.com), dll. Assosiasi ini umumnya bekerjasama dengan industri manufaktur media display. Mereka secara berkala mengeluarkan makalah-makalah tentang Digital Signage yang diperuntukkan untuk berbagai industri pengguna Digital Signage.

Author

innograph

Penulis yang tertarik menjadi ahli di bidang Digital Signage yang berkaitan dengan bisnis reklame digital, pembuatan dan penjualan berbagai kelengkapan promosi seperti meja promosi / event desk, X-banner, Rolling Banner, backwall, Frame, stand, rak brosur , LED dan power supply

Copyright © 2010 - 2016, PT Innovasi Sarana Grafindo (InnoGRAPH). Jl. Lenteng Agung Raya No. 15 (Jl Baung No. 2) Jakarta Selatan 12610, Indonesia. Telp : 021 7883 1075, Fax : 021 7883 1692, Email : cs@innograph.com

Back to Top